a1

Monday, December 3, 2018

Rudy Djamil Terbaring Lemah

Seniman yang tersisa

Rudy Djamil Kondisinya Melemah

Seniman senior Rudy Djamil, kondisinya masih terbaling, sulit menelan makanan, dan semakin melemah. Kini ia hanya didampingi seorang istri setianya teh Titi dan cucunya, di kediaman sebuah rumah sederhana kawasan perumahan metro tepatnya di Jl Saturnus Barat II No 8 Bandung.
Rudy Djamil dan istri serta kerabatnya.


Kang Rudy sapaan akrab rekan rekannya atau dikenal masyarakat penyuka hiburan lawak, tergolong artis serba bisa, pernah main film layar lebar, sinetron dan beberapa judul lainnya yang menghibur. Belakangan membatasi diri hanya bisa sebagai pemandu acara, yang konon tidak secapai shooting maupun melawak diberbagai kota.

Sebut saja pelawak yang serba bisa ini, sampai akhir tahun 2017 masih sempat mengisi berbagai acara. bahkan awal tahun 2018 masih aktif di dunia hiburan, kendati setiap minggunya selalu bersepeda. Padahal usianya sudah 80 lebih, postur tubuhnya memang kurus tinggi dan penyuka berat rokok.

Belakangan ini Rudy Djamil terjatuh di rumahnya, hingga harus dirawat di rumah sakit lebih dari satu bulan, kondisinya terus melemah namun tetap semangat untuk bangkit ada pada dirinya. Ditambah rekan rekannya yang dari Fikom Unpad, Damas, PMB selalu berdatangan memberikan suport.
Rudy Djamil pertengahan 2018 di acara reunian.

Bahkan dari berbagai perkumpulan selalu menjenguk dan mendo,a kan Kang Rudy cepat sembuh. Semuanya berdoa untuk kang Rudy yang memang paling aktif dalam berbagai organisasi kemasyarakatan maupun di organisasi ketika masih kuliah di Unpad.

Rudy Djamil berkiprah di dunia hiburan berbarengan dengan alm Suryana Fatah, alm Yus Yusup, Alm Us Us, Alm Rachmat Hidayat, Almh Taty Saleh, Alm Ibing Kusmayatna, Alm Aom Koesman, dan beberapa artis asal Kota Bandung. Kini seniman asal Bandung ini tingal kang Rudy Djamil yang sudah lanjut usia.

Tidak heran kalau beberapa seniman juniornya selalu berkunjung ke rumah Rudy Djamil yang cukup sederhana, tidak semewah para artis jaman now.

Daya ingat Rudy Djamil masih kuat, beberapa rekannya yang menjenguk selalu disambut dengan kedua tangannya untuk bersalaman, walau masih tetap terbaring. Senyuman khasnya masih mewarnai wajah Rudy Djamil biasanya. Namun tetap keharuan di dua kelopak matanya berlinang air mata, seolah olah berterimakasih untuk menyempatkan datang melihat kondisinya sekarang.

Tatapan wajah dan dua tangannya menyambut, hanya itulah kemampuan Rudy Djamil sekarang. Ia tak mampu berkata, hanya bahasa isyarat saja yang digerakan sekali sekali, sambil menatap dan senyum.

Tubuhnya sangat kurus, karena sulit masuk makanan. Padahal ia tidak mempunyai penyakit lain kecuali bekas jatuh bagian punggungnya agak terganggu.

Menurut istrinya Teh Titi, Kang Rudy sulit makan karena ada dahak di tenggorokannya, kalaupun makan hanya sedikit sekali. Namun demikian masih tetap ada masuk sedikit makanan yang lembut lembut, ucap istri tercintanya.

Harapan terbaik, dari semua penggemarnya untuk Rudy Djamil yang tidak pernah masuk organisasi partai politik. Bahkan namanya tidak terkontaminasi oleh hal hal politik, karena ia berpendapat, hidup ini asal bisa menghibur semua golongan masyarakat, sudah cukup.

Penulis : Sonni Hadi


No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar anda

ikl tengah

Buka Bersama Komunitas Jiwalumaju ++